Kamis, 30 Januari 2020

Cara Menggunakan Emulator FPse di Android

post-feature-image 
  Emulator FPse ini merupakan sebuah aplikasi yang ber format .apk yang berguna untuk menjalankan permainan-permainan PS1 (playstation) di smartphone Android.

Playstation atau yang sering di singkat dengan sebutan PS merupakan sebuah video game console yang berguna untuk menjalankan video game atau sebuah permainan, PS ini di kembangkan oleh Sony Computer Entertainment yang di luncurkan secara perdana di jepang sekitar tahun 1990 dan terus menjalar ke benua-benua seperti amerika dan eropa.

Tidak bisa di pungkiri ketenaran atau kepopuleran dari video game konsole yang satu ini, mungkin sebagian dari kalian bahkan saya sendiri pernah mengalami saat-saat di mana saya sedang tergila-gila dengan kehadiran dari Playstation.

Playstation atau singkatan dari PS, pertama kali saya mengenali video game konsole ini di saat di luncurkannya PS1 yang memang pada saat itu sangat terkenal sekali, walaupun di jaman sekarang yang memang dunia teknologi dan informasi yang semakin berkembang dan semakin modern, PS1 sudah dilupakan.

Maksud saya dari kata dilupakan adalah, karena memang pada jaman sekarang ini sudah banyak sekali video game konsole yang semakin modern dan mempunyai daya tarik tersendiri, misalnya seperti kualitas yang lebih bagus, semakin canggih dan user friendly, nah maka dari itu video game konsole seperti PS1 sudah banyak di lupakan.

Akan tetapi video game konsole tersebut sangat berkesan sekali di mata para mantan penggunanya khususnya para gamers yang pada saat itu tidak lepas dengan memainkan permainan-permainan yang ada pada playstation tersebut, contohnya saya sendiri yang memang pada saat itu pernah tergila-gila dengan permainan-permainan dari playstation 1.

Di saat mendengar istilah kata Playstation 1 atau PS1, saya seperti merasakan nostalgia dan mungkin sebagian dari anda mengalami hal seperti saya, video game konsol yang menjadi kenangan karena pada jaman sekarang ini di paksa menjadi sebuah video game konsol jadul (jaman dulu) yang terlupakan.

Dengan kehadiran video game konsol lain yang lebih canggih dan berkualitas, ditambah lagi semakin majunya dunia maya (internet) sehingga anak-anak, remaja bahkan dewasa sekalipun pada jaman sekarang lebih memilih untuk beralih menggunakan perangkat keras komputer dan lebih memilih untuk menggunakan sebuah perangkat ponsel pintar yang sering kita ketahui dengan sebutan smartphone.

Karena hal tersebut memang sebuah hal yang sangat wajar dan mungkin memang sangat berguna sekali untuk di gunakan pada jaman sekarang yang semakin maju dan berkembang, akan tetapi ada sesuatu hal yang sangat menarik dan merupakan kabar gembira untuk para gamers yang pada saat itu sering menggunakan video game konsole seperti PS1.

Karena kehadiran perangkat-perangkat canggih seperti perangkat keras komputer dan perangkat ponsel cerdas seperti yang akan saya bahas yaitu ponsel cerdas berbasis Android, kita dapat memainkan video game yang ada pada video game konsol playstation, jadi jika anda merindukan rasa dari permainan-permainan yang ada pada playstation1 atau PS1, sekarang anda dapat mudah untuk memainkannya.

Oke, di artikel ini saya akan mencoba membagikan cara untuk memainkan video game PS1 langsung dari layar smartphone Android, jangan heran dengan ponsel cerdas yang satu ini kita dapat dengan mudah memainkan game-game yang ada pada playstation 1 langsung dari ponsel tersebut, akan tetapi anda akan membutuhkan sebuah aplikasi yang dinamakan emulator untuk menjalankan permainan PS1.

Aplikasi ini dinamakan emulator FPse, lain lagi dengan artikel saya yang sebelumnya, yang membahas tentang Cara Menggunakan Emulator ePSXe di Android. Walaupun terbilang sama kegunaanya, yaitu untuk memungkinkan permainan PS1 berjalan di smartphone Android, hanya saja berbeda pada bagian tampilan dan fitur yang di sediakan, FPse ini merupakan emulator untuk smartphone Android dengan format .apk yang di kembangkan oleh Schtruck & LDchen.

Banyak kelebihan-kelebihan yang di sediakan oleh emulator FPse ini, contohnya seperti proses kinerja, kompatibilitas, dan suara yang cukup tinggi dan mendukung beberapa format video game seperti iso, cso, bin, .img, .cue, NRG, MDF dan format .z disc dan masih banyak kelebihan lainnya yang memungkinkan anda nyaman saat menggunakannya, dan untuk kekurangan-kekurangan yang ada pada emulator FPse, silahkan anda cari sendiri supaya anda lebih tahu letak kekurangan tersebut dan membandingkan layak atau tidaknya dengan selera anda.


Oke langsung saja berikut ini Cara Menggunakan Emulator FPse di Android, perhatikan baik-baik


  1. Download FPse (Click Here)
  2. Extract FPse, nanti akan terlihat 2 file di dalamnya berupa FPse.apk, dan SCPH1001.bin
  3. Simpan SCPH1001.bin ke SDcard terserah mau di mana saja (tapi saya sarankan untuk membuat folder baru di SDcard dengan nama terserah anda, misalnya seperti "Bios FPse" supaya nanti anda mudah untuk mencarinya jika di minta untuk memilih bios)
  4. Sekarang jalankan aplikasi FPse
  5. Nanti akan ada pemberitahuan "Disclaimer" pilih "Yes" untuk menyetujui, lalu ada pemberitahuan lagi "Firsts Instuctions..." tekan "OK"
  6. Lalu di sini anda akan di minta untuk memasukan File ISO atau CD dari permainan PS1 yang ingin anda mainkan
  7. Silahkan anda pilih folder sesuai letak File ISO tersebut tersimpan, dan jika anda belum mempunyai CD dari game tersebut silahkan anda download terlebih dahulu, anda bisa mencari permainan-permainan PS1 berformat ISO di Google atau bisa cari langsung di website emuparadise.me dan theisozone.com.
  8. Selesai.
Jika anda masih awam dalam dunia Android, pasti anda mengira aplikasi FPse ini merupakan sebuah aplikasi yang di dalamnya terdapat game-game PS1, namun itu semua tidak seperti yang anda kira, karena aplikasi FPse ini hanya merupakan sebuah emulator untuk menjalankan permainan PS1 di sistem operasi Android, untuk lebih jelasnya guna dari emulator FPse ini adalah hanya sekedar alat bantu untuk menjalankan video game playstation 1, oke mungkin dengan semua yang saya jelaskan di atas anda bisa lebih mengerti, jika masih bingung atau belum paham cara penggunaan dari emulator FPse ini, silahkan anda bisa tanyakan melalui halaman Contact atau di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Begitulah artikel tentang Cara Menggunakan Emulator FPse di Android, semoga artikel saya membantu dan bermanfaat untuk anda. Terima Kasih

0 comments: